Rabu, 11 Juni 2014

Cerita Singkat Mengenai Lombok

Selamat datang di Surga, ya begitulah saya menyebutnya. Cuacanya hangat dan matahari bersinar terik setiap hari. Di Lombok banyak ditemui pantai-pantai berpasir putih dan air lautnya yang masih jernih. Salah satu contohnya yaitu pantai di Gili Trawangan. Para turis lokal maupun mancanegara sangat suka berkunjung ke pulau yang indah itu. Mereka suka berkunjung ke sana karena selain pantainya indah, juga karena tidak ada polusi dan polisi. Di Gili Trawangan hanya diperbolehkan menggunakan alat transportasi seperti sepeda dan becak saja.


Selain pantai-pantainya yang indah, Pulau Lombok sangat terkenal dengan Mutiara lautnya. Keindahan Mutiara asal pulau Lombok ini sudah terkenal ke seluruh dunia. Mutiara terbentuk karena masuknya pasir atau benda asing yang masuk ke cangkang kerang, kerang lalu menolak pasir atau benda asing tersebut masuk ke dalam sistem tubuhnya. Lalu kumpulan pasir atau benda asing tersebut terbentuk dalam suatu lokasi dan mengeras hingga menjadi sebuah mutiara. Proses terjadinya bisa saja memakan waktu puluhan tahun, inilah salah satu hasil laut yang hasilnya sangat mahal. Banyak jenis kerang yang tumbuh dan berkembang biak di laut Lombok, itu karena laut Lombok yang hangat dan minim akan polusi. Pengrajin mutiara lokal dapat ditemui di daerah Sekarbela, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Lombok terkenal dengan sebutan "Pulau Dengan Seribu Masjid". Disebut demikian karena di Lombok terdapat banyak sekali masjid-masjid yang berdiri di tengah-tengah pemukiman masyarakat. Di samping itu karena mayoritas penduduk Lombok juga beragama Islam. Tercatat sedikitnya terdapat 5.400 Masjid yang ada di Lombok.


Ada juga orang yang pernah menyebut Pulau Lombok itu mirip dengan Pulau Bali. Itu karena di Lombok banyak ditemui Pure, tempat ibadah umat Hindu. Orang Bali banyak tinggal di Lombok banyak tinggal di Lombok karena faktor sejarah, dulu Anak Agung Gede Ngurah Karang Asem dengan Raja Bali pernah berjaya di Lombok. Anak Agung Gede Ngurah Karang Asem datang ke Lombok dengan niatan ingin mendamaikan dua kubu yang sedang berseteru. Kepergiannya itulah yang menyebabkan orang Hindu-Bali ikut menuju Lombok, jadilah Pulau Lombok ini banyak Pure. Peninggalan dari Anak Agung Gede Ngurah Karang Asem yang sangat terkenal di Lombok namanya adalah Pure Lingsar, inilah salah satu pure tertua. Di dalam Pure terdapat kolam 9 mata air suci. Jika ingin mengucap suatu permohonan/keinginan, di sanalah tempatnya. Di dalam kolam hidup 9 ekor ikan, orang tetua di sana menyebutnya ikan Tuna tetapi jangan samakan ikan Tuna di sana dengan ikan Tuna yang hidup di laut, ini ikan air tawar. Jika kita dapat melihat ikan tersebut, maka orang yang melihatnya akan beruntung.


Di Lombok juga terkenal dengan kesenian adu ketangkasannya yang biasa disebut dengan Peresean. Peresean sudah ada di Lombok sejak orang Sasak mendiami Lombok. Peresean dahulu kala digunakan sebagai upacara untuk memanggil hujan. Jika salah satu Pepadu berdarah, Peresean dianggap berhasil. Para pakar sejarah juga mengatakan Peresean adalah sayembara untuk mendapatkan putri raja. Sekarang Peresean tetap dimainkan setiap tahun di Lombok dalam even-even tertentu.


Selain Peresean, ada juga yang tidak kalah seru. Yaitu, bermain Gangsing. Bermain Gangsing dahulunya hanya dimainkan para petani saja, tetapi seiring berkembangnya zaman, siapapun bisa memainkan permainan ini. Bermain gangsing sangat positif dampaknya, karena bisa sebagai penghibur dan sarana untuk ajang silaturahmi antar kampung.





Mungkin ada yang pernah mengenal kata "Gendang Beleq". Gendang Beleq adalah suatu alat musik yang besar dan cara memainkannya dengan dipukul kedua sisinya yang terbuat dari kulit sapi. Suara Gendang Beleq sangat khas sekali, bunyinya sangat nyaring. Gendang Beleq pada dahulu dimainkan untuk menyemangati para prajurit yang akan menuju ke medan perang. Sekarang Gendang Beleq dimainkan pada acara tertentu saja seperti pada acara nikahan atau menyambut tamu dari luar daerah.


Inilah kisah singkat Lombok, tempat saya berasal. Surga dengan lautnya yang indah, dan kekayaan mutiara yang mempesona. Tanah di mana masyrakatnya menjunjung tinggi tradisi dan budaya. Saya cinta mati dengan Lombok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar